Apa Manfaat Menabung Sejak Dini Untuk Masa Depan?

Perseroan akan banyak meluncurkan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan kalangan millennial. Meski begitu, BYB tidak akan meninggalkan bisnis intinya yakni melayani pensiunan. Keempat, mulai belajar berinvestasi baik terkait produk maupun risiko yang harus hadapi. Jadi belajar menimbang risiko dan keuntungan, belajar metode dan instrumennya juga. Ia menekankan untuk tidak pernah meremehkan kemampuan menabung sedikit demi sedikit karena yang sedikit itu jika dikumpulkan secara terus menerus bisa menjadi bukit. Menurutnya, ada 7 hal yang harus diperhatikan untuk memulai menabung dan berinvestasi.

“Sangat penting anak-anak mengerti bahwa uang dapat mengubah banyak hal untuk orang lain – ini bukan hanya tentang diri sendiri, ini tentang komunitas Anda,” katanya. “Terlalu banyak hutang di kartu kredit atau tidak mengasuransikan mobil dengan benar dapat berdampak besar pada anak muda,” jelas Higgins. Ajarkan si Kecil untuk menghitung jumlah uang yang sudah ditabung setiap minggu. Dengan demikian ia menjadi lebih termotivasi dengan melihat jumlah tabungannya bertambah.

Dengan demikian, mereka akan belajar menyesuaikan kapan dapat membelinya dan besar uang yang harus disisihkan setiap hari, hingga terkumpul dana yang cukup. Manfaat menabung untuk anak yang pertama, yaitu melatih mengatur keuangan mereka sendiri. Dengan kebiasaan menabung secara rutin, anak-anak mampu memperhitungkan berapa uang untuk jajan, dan berapa untuk disimpan. Sehari sebelumnya, OJK Kaltim bersama BPD Kaltim mengunjungi SD 001 Tanah Grogot.

Kebiasaan menabung seharusnya sudah mulai dilakukan sejak kecil jadi mereka sudah berlatih dalam proses yang lama. Perkenalkan mereka tentang pentingnya menabung dan manfaat lainnya yang bisa mereka dapatkan lewat menabung. Dengan mengetahui mengapa harus menabung, hal ini jadinya dilakukan secara senang. Jika sudah terbiasa menabung dari jumlah yang kecil, maka jumlah yang besar sudah tidak jadi masalah.

Misalnya, harus berhenti bekerja karena alasan tertentu, seperti sakit atau kecelakaan. Program bank DKI sendiri yang mengeksekusi instruksi itu bernama Simpel iB. “Ini merupakan bentuk kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan financial institution DKI untuk terus memberikan edukasi dan literasi keuangan pada para peserta didik sejak dini,” jelas Saefuloh saat dihubungi. Dheni mengungkapkan, selain kegiatan edukasi mengenai produk bank dan pentingnya menabung, juga terdapat kegiatan lomba mewarnai, nonton bareng serial Kiko dan tentunya meet and greet dengan Kiko. Menjelaskan pada anak tentang keuntungan dari menabung bisa mendorong mereka untuk tidak membelanjakan uangnya sembarangan dan menyisihkan lebih banyak untuk tabungan. Selain mendapatkan bunga, beberapa bank menawarkan fasilitas dan hadiah kepada pelanggan yang menabung dan mempertahankan saldo tertentu dari waktu ke waktu.

Sebisa mungkin hindari pinjaman untuk sekadar memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tidak produktif. “Maka tidak heran banyak milenial yang belum mencoba untuk memiliki rumah atau kendaraan sendiri, memang uang bukan segalanya, tapi banyak hal yang penyelesaiannya memerlukan uang,” kata Tirta. “Anak-anak Anda akan lebih memahami biaya hidup keluarga dan berapa banyak yang bisa dihemat untuk hal lain,” kata Higgins.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari menabung di sekolah, salah satunya yaitu dapat membantu Anda untuk membayar keperluan sekolah. Kondisi ekonomi yang menurun juga berpotensi untuk membuat penghasilan orangtua berkurang. Banyaknya orang tua yang awam dengan investasi lain, seperti reksadana dan saham, membuat tabungan untuk anak masih menjadi pilihan terpercaya orangtua. Untuk mempersiapkan masa depan buah hati Anda, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah menyiapkan tabungan untuk dana pendidikan anak yang kian meningkat. Sebagai orang tua yang baik, pasti Anda ingin agar masa depan anak Anda lebih baik dari Anda dan hal itu bisa terjadi jika mereka pandai menabung. Jadi sejak dini, ajarkanlah mereka tentang pentingnya menabung dan biasakan mereka untuk melakukannya.

Pentingnya menabung sejak dini

Tentunya dengan menanamkan mental dan budaya menabung sejak dini dengan program SimPel,” ujar Direktur Utama BPD Kaltim Zainuddin Fanani. Lewat kegiatan seperti ini, kata Hasmiati, pihaknya mengajak para orang tua untuk mengajarkan dan mencontohkan perilaku gemar menabung dan tidak boros kepada anak. Membiasakan diri gemar menabung sejak dini ternyata memiliki banyak manfaat, kan? Menabung sangatlah berguna untuk melatih menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal mengatur keuangan.