Four Manfaat Mengajarkan Anak Menabung

Menanggapi dari kurangnya rasio to saving GDP Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan mengampanyekan gerakan “Ayo Menabung”. Slogan yang diusung gerakan Ayo Menabung adalah “Ayo Menabung untuk Masa Depan Sejahtera”. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya menabung masyarakat Indonesia di berbagai produk jasa keuangan dan mendukung pembiayaan pembangunan nasional. Menabung benar-benar sangat besar manfaatnya, terutama setelah kita semakin dewasa. Kebutuhan hidup tentunya semakin lama semakin tinggi, dan tabungan dari usia dini ini bisa menjadi penolong yang bisa diandalkan. Karena itu, walaupun terasa berat jangan mudah menyerh dan terus berusaha membiasakan diri untuk menyisihkan pendapatan dan menabung sedini mungkin.

Pentingnya menabung sejak dini

Jadikan ajang belajar menabung ini menjadi kebiasaan menyenangkan, sehingga anak akan dengan senang hati mengikutinya. Jadi, jika anak Anda baru berusia lima tahun dan ia menabung untuk membeli mainan, sebaiknya batasi waktu menabungnya, agar tidak terlalu lama. Saat berbelanja, Anda juga bisa membuat permainan kecil dengan Buah Hati.

Hal tersebukti dari jumlah transaksi tabungan yang meningkat tiap tahunnya. Pola konvesional seperti itu yang menjadi tantangan terbesar bagi orangtua untuk menumbuhkan menabung bagi anak-anak. “Sekarang minat menabung masih kecil, dan kalau dibiarkan akan semakin menurun,” ujar Widodo. General Manager Dana dan Jasa PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Widodo Januarso menilai, jika orangtua tidak aktif mendorong anaknya menabung, sifat itu tidak akan tumbuh dengan sendirinya.

Uang yang tersimpan seolah-olah menganggur dan lebih menggoda untuk dihabiskan. Jika masih tidak ada bayangan, bisa berkonsultasi pada orang tua atau sahabat terdekat. Sangat disarankan untuk menyimpan tabungan jangka panjang di tempat yang tidak bisa diakses sewaktu-waktu. Menabung akan lebih mudah jika diikuti dengan sistem yang baik dan jelas. Kita bisa memulainya dengan menggunakan four kaleng bekas, botol, celengan atau tempat penympanan lainnya.

Beri tahu anak bahwa financial institution merupakan tempat yang aman untuk menabung, sehingga anak tidak akan ragu untuk menyimpan uang di bank. Selain itu, biasanya tabungan anak juga dilengkapi dengan desain kartu yang lucu sehingga menambah ketertarikan anak untuk menabung. Sederet manfaat di atas, bisa kita dapatkan dengan mengajarkan anak untuk menabung sejak dini. Apabila memungkinkan, orang tua juga bisa mengajak anak menabung di financial institution.

Cara ini dapat meningkatkan semangat si kecil untuk menabung dan mengatur keuangannya agar tujuannya cepat tercapai. Selain itu, menabung juga dapat menjadi ajang pembelajaran untuk mengelola keuangan. Dengan adanya tabungan sang buah hati akan belajar untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran secara bijak. Sang buah hati juga akan belajar untuk berpikir secara matang perencanaan, mengatur prioritas dan alokasi dana agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Atau jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan, kamu juga bisa menggunakannya untuk menanggung semua tagihan rumah sakit. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus sampai tua, maka nantinya kamu dan anak akan semakin mengerti bahwa uang tidak didapat dengan mudah, melainkan harus melalui kerja keras. Dengan menabung, kamu dan anak tentu menyimpan sebagian uang yang tidak terpakai. Apabila dilakukan secara terus-menerus, cadangan uang kamu miliki tentu akan semakin bertambah dan banyak. Tak perlu bingung kenapa Anda disarankan menabung bertahun-tahun hanya untuk liburan karena semua orang butuh hiburan.