Galakkan Gemar Menabung, Lewat Simpel

Tabungan ini juga akan menjadi ‘penyelamat’ untuk kamu dikala ada kebutuhan yang mendesak atau darurat di masa depan. Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang wajib ditanamkan sejak dini. Tentu saja dengan menabung, anak-anak dengan sendirinya mulai belajar berhemat dan bertanggung jawab dalam memegang uang. Guna membantu anak-anak supaya rajin menabung, Anda bisa mencoba memberi contoh menabung dan berinvestasi. Untuk itu, mengajari anak menabung sejak dini tentu banyak manfaatnya.

Pentingnya menabung sejak dini

Diluar sana masih banyak orang yang belum tahu akan pentingnya menabung yang disebabkan karena gaya hidup seseorang yang konsumtif. Maka dari itu kesadaran akan pentingnya menabung harus ditanamkan sejak dini. Nah, jika sudah ada keinginan ini Anda bisa membelikan celengan unik yang sesuai dengan karakteristiknya sehingga anak Anda memiliki motivasi untuk selalu menyisihkan uangnya. Jika mulai menabung sejak dini, kamu juga bisa mengatur skala prioritas, seperti berapa persen yang bisa disisihkan untuk tabungan atau berapa persen yang harus disisihkan untuk pengeluaran. Dengan menabung, kamu biasa untuk mendahulukan mana kebutuhan yang memang lebih penting. Mengutip dari Laku Emas, jika setiap orang menabung sedini mungkin maka akan banyak sekali keuntungannya, terutama untuk kehidupan finansial masa depan.

Menabung adalah hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, oleh karena itu sangat penting untuk memupuk kebiasaan menabung semenjak usia dini. Memang membiasakan diri untuk bijaksana dalam menggunakan uang dan menabung dari usia dini sangatlah penting. Para siswa dikenalkan dengan budaya menabung sejak dini, agar mereka menyadari manfaat menabung untuk masa depannya. Dany mengajak mereka menceritakan pengalamannya dalam melakukan transaksi di financial institution. Para siswa juga diberikan informasi mengenai produk-produk bank, khususnya Tabungan Simpel yang ada di Bank Jateng.

Mengajarkan si Kecil kebiasaan menabung sejak dini akan membantu membentuk pribadinya untuk lebih menghargai uang. Secara bertahap, ajari juga bahwa uang yang si Kecil sisihkan harus memiliki tujuan. Apakah itu untuk membeli barang-barang yang si Kecil inginkan, atau tujuan masa depan seperti dana pendidikan, perencanaan masa depan, atau tabungan untuk biaya tak terduga.

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini. Tabungannya tidak perlu yang ribet ya mothers, kalau saya memberi Zila celengan bentuk ayam atau semacamnya saja agar si kecil semakin semangat menabungnya. Dengan mengajarinya menabung sedini mungkin si kecil akan menganggap bahwa menabung adalah rutinitas yang harus di lakukan meski dia belum paham untuk apa uang itu di tabung. Anda bisa memberikan si kecil pemahaman mengenai uang, perbedaan uang dari nominalnya, perbedaan mata uang dari jenisnya, dan manfaat dari uang itu sendiri. Anda juga bisa menjelaskan pada Si Kecil bahwa mencari uang itu harus dengan bekerja.

Ketika Anda tak punya uang ketika Anda membutuhkannya, sangat mungkin Anda akan terlibat dalam utang. Sedikit apapun tabungan Anda, itu akan sangat membantu Anda ketika dibutuhkan. Aplikasi PonselAplikasi mudah untuk melihat informasi terkini, merencanakan dan mengelola keuangan. Dengan menyisihkan uang untuk disisihkan dan ditabung setiap minggu atau setiap bulannya, maka kita akan merasa bertanggung jawab terhadap uang kita miliki.

Tersedia dalam berbagai format, dari kuis online, tautan kuis, file, maupun cetakan-cetakan. Karena menabung sudah menjadi rutinitas akhirnya anak akan disiplin dan akan tahu kapan waktunya untuk menabung. Diakhir acara diadakan sesi tanya jawab berhadiah yakni celengan yang berbeda ukurannya sesuai dengan bobot pertanyaan. Disesi tanya jawab ini anak-anak sangat antusias sehingga acara menjadi semakin ramai dan bersemangat. Kelompok KUKERTA Universitas Riau berharap sosialisasi tentang pentingnya menabung ini dapat bermanfaat bagi siswa/i, khususnya kelas four,5, dan 6.