Pentingnya Membiasakan Menabung Sejak Dini

Seseorang tidak bisa menyangkal, uang adalah sesuatu yang sangat diperlukan di period seperti sekarang. Seperti membeli pakaian, kebutuhan konsumsi, kebutuhan style dan bisa juga untuk membeli rumah. Untuk ini, Anda harus bisa bergerak sebaik keuangan Anda mulai sekarang. Beruntungnya bagi mereka yang memiliki tabungan, bisa menggunakan tabungan tersebut untuk biaya hidup sementara. Bagi yang tabungannya banyak, juga bisa menggunakannya untuk usaha sehingga tak perlu cari kerja lagi. Selain itu, menabung sejak dini juga mampu mengajarinya untuk tak mudah menghambur-hamburkan uang.

Menabung sudah menjadi program sekolah sejak awal, dan untuk memudahkan guru beserta siswa/i maka, uang tabungan mereka di simpan di Bank. Kepala Madrasah Ibu Fentiana, S.Ag mengatakan, “Sosialisasi ini disambut baik oleh pihak Madarasah. Karena mamfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalaninya dengan rutin dan tekun. Kegiatan menabung merupakan kegiatan menyimpan sebagian uang yang kita punya pada suatu tempat. Hal ini bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan juga merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghamburkan uang yang sangat diterapkan sejak usia dini.”

Tentunya untuk mengatasi kondisi tidak terduga tersebut, maka kamu perlu memenuhi dana darurat sesegera mungkin. Jika contemporary graduate tidak mengatur keuangan dengan baik sejak dini, maka dapat memberikan dampak yang buruk untuk keuangan di masa depan. Misalnya kamu ingin membeli sebuah buku dan berkomitmen pada diri sendiri mau menyisihkan Rp5.000 setiap hari dari uang jajanmu.

Pentingnya menabung sejak dini

Dan uang juga bisa mengajarkan mereka terampil dalam mengatur kebutuhan. Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali mengajak anak anak untuk gemar menabung dari sejak usia dini. Putri Koster dalam wawancaranya dengan awak media seusai menghadiri acara Gerakan Indonesia Menabung di Dharma Pertiwi Daerah J, di GOR Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar, Rabu (20/2). Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mulai mengajarkan si Kecil tentang konsep uang dan menabung.

Susahnya mengatur anak-anak Gampong Seukeum untuk fokus dalam memperhatikan penjelasan tentang menabung di usia dini. Mulai Menabung yang aman sejak dini agar dapat membentuk karakter sebagai pribadi yang lebih hemat dan peduli akan kebutuhan utama kita bukan kebutuhan yang kita inginkan. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial Bakti BCA pilar solusi cerdas. Menurut dia, memang bukan urusan yang mudah bagi orangtua untuk menguatkan hati agar tidak menuruti kemauan anak-anaknya. Kepesertaan program bundling deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang.

Ada berbagai tips yang bisa Anda ikuti untuk mengajari anak menabung. Belajar konsep uang pun bisa dijadikan momen untuk mulai membiasakan anak menyumbang atau bersedekah. Sehingga di kemudian hari, anak tidak enggan menyisihkan uangnya, untuk membantu orang yang membutuhkan. Dari sinilah si kecil belajar menghargai usahanya menabung dan mendapatkan mainan dari hasil usahanya.

Penting untuk memiliki tabungan sejak dini karena ini bisa menjadi pemasukan lebih untuk kamu. Tentunya ini kesempatan yang baik untuk menambahkan uang yang kamu miliki, sehingga akan semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan kedepannya karena waktu menabung lebih panjang. Jika menabung sejak dini, kamu bisa mengatur skala prioritas seperti berapa persen tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran. Memang tidak mudah, karena orangtua akan sangat perlu menguatkan hati untuk tidak menuruti semua keinginan anaknya. Namun, hal tersebut perlu dipaksakan agar anaknya sudah bisa mengatur uang sejak kecil. Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengatakan semenjak anak mulai paham kegunaan uang, maka sudah harus diberikan pengertian untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.