Penyebab Individu Sulit Menghargai Orang Lain

Hal ini sangat penting dalam membangun karakter anak untuk menjadi pemimpin yang baik di masa depan. Nah, nilai jelek yang kamu dapatkan tersebut merupakan hasil dari sugesti negatif yang kamu berikan kepada dirimu sendiri. Coba, deh, kamu terus memberikan sugesti yang positif, saya yakin, pasti kamu pun akan mendapatkan hasil yang lebih baik juga. Hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat mental ialah melakukan hal-hal yang kamu sukai, memberhentikan hal-hal yang nggak kamu suka, bersyukur dan sebagainya.

Lissa Mama membawakan materi yang sama, bahwa jangan pernah lupa bilang terima kasih, jangan pernah gengsi bilang maaf dan jangan pernah jadi terlalu sombong untuk bilang tolong. Begitu pentingnya tiga kata ini dalam berinteraksi dengan orang lain. Dengan membiasakan mengucapkan tiga kata ini berarti seseorang memahami dasar dalam memahami orang lain.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

Membentuk karakter anak akan lebih mudah bila dilakukan sejak usia dini. Seperti bagaimana mengucapkan kata maaf, terima kasih, dan menghargai orang lain. Meski terdengar sepele, tiga contoh itu adalah pendidikan karakter yang sangat dasar.

Ah, sama seperti banyak hal tentang konsep mengajarkan sesuatu yang baik, sebagai orang tua sepertinya kita perlu terus berefleksi dan memperbaiki diri. “Agak tricky jika dikatakan terlambat diajarkan menghargai orang lain, karena kemampuan ini berkembang terus menerus seiring bertambahnya usia, bahkan hingga dewasa,” jawabnya. Terkadang orang bisa tersinggung hanya karena komentar selewat dari orang lain. Jika ingin tahu cara menghargai orang lain, sebaiknya tahan komentar tidak perlu apabila tidak diminta. Contohnya komentar ketika melihat cara orang lain mengasuh bayinya hingga komentar seputar standing orang lain yang belum menikah atau punya anak. Lagi-lagi diperlukan kepekaan untuk tahu cara menghargai orang lain, dalam hal ini lawan bicara secara langsung.

Dari kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar anak bangsa bisa tercipta. Selanjutnya kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon, Azis juga berpesan untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. “Semua tindakan yang kita lakukan harus berdasarkan konstitusional,” ungkap Azis. Pilih cerita-cerita yang bisa menunjukkan perbedaan, sekaligus menghargainya. Mama juga bisa memperdengarkan lagu dari berbagai daerah supaya anak juga mengenal bahwa ada bahasa yang berbeda di tempat lain.

Nah, olahraga bisa menjadi salah satu cara membangun karakter anak agar mampu bekerja sama dengan anggota lain dan mendengarkan pelatih agar bisa berprestasi. Anak akan didorong belajar menekan egonya guna mendapatkan hasil terbaik untuk kepentingan satu tim, bukan hanya dirinya sendiri. Mengajarkan anak menghargai sesama merupakan salah satu tugas orangtua membentuk fondasi moral anak dalam hubungan sosial. Artinya, anak diajarkan menghargai tanpa membeda-bedakan latar belakang sesamanya. CIREBON- Generasi muda diminta untuk mulai belajar menghargai dan mengasihi orang lain.

Anda harus memberi contoh dengan mendengarkan, menerima dan menyambut orang dan ide yang berbeda dari Anda sendiri. Perhatikan bahasa Anda; hindari komentar stereotip dan tantang komentar orang lain. Bicaralah terhadap ejekan yang menargetkan orang atau kelompok.